Asystole


Asystole adalah garis mendatar yang melintang pada layar monitor EKG. Asystole adalah suatu keadaan dimana tidak ada aktivitas listrik. Secara klinis, pasien dalam keadaan tidak sadar, apnea dan tanpa nadi. Asystole dan VF (ventricular fibrillation) sulit dibedakan tanpa pembacaan telemetri. Walaupun begitu, pengobatannya sangat berbeda. Klinisi selalu memverifikasi ritme ini pada lead kedua. Pada pemeriksaan EKG, menunjukkan tidak ada HR, ritme, gelombang P, interval PR, Lebar QRS maupun gelombang ST-T. 

Sebagai tenaga kesehatan, khususnya perawat ketika menjumpai kasus seperti ini harus segera membuat prioritas tindakan. Pertama dengan mengecek irama pada lead kedua. Jika masih teraba nadi, berarti pasien tersebut tidak berada pada kondisi asystole. Namun jika tidak teraba nadi, segera lakukan CPR (cardiopulmonary rescucitation) dan panggil bantuan segera.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan asystole, diantaranya kekurangan metabolik yang berat, gagal nafas akut, dan kerusakan miokardium yang luas atau rupturnya aneurisma ventrikular.
Pengobatan pada asystole adalah dengan CPR dan pemberian obat melalui intravena hingga beberapa ritme/  irama yang lain muncul. Obat-obatan yang biasanya dipakai adalah epinefrin diikuti dengan atropin. Tujuannya adalah untuk mengiritasi jantung menjadi irama lain yang kemudian dapat di “shock”.

Komentar

Postingan Populer