1001 Manfaat Kumis Kucing


                Kumis kucing dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Salah satu alasannya mempunyai tampilan bunga yang menawan. Selain itu nama pemilik remujung ini juga dikenal sebagai tanaman berkhasiat obat. Ramuan alami berbahan remujung dipercaya mampu mengusir kencing batu.
                Cara membuat ramuannya, yakni memanfaatkan beberapa tangkai, daun dan bunga kumis kucing. Setelah itu dibersihkan dan keringkan di bawah sinar matahari lalu direbus dengan air 1,5 liter sampai menjadi 1 liter. Hasilnya disaring dan setelah dingin diminum 3 kali sehari. Tanaman ini mengandung kimia alami seperti glukosi, ortosiffonim, zat samak, minyak atsiri, minyak lemak dan saponim.
                Bagi penderita infeksi ginjal dan hipertensi dapat membuat ramuan berbahan 30 gram herba segar kumis kucing. Dapat juga dipadu dengan herba daun sendok. Semua bahan dicuci bersih lalu direbus menggunakan 3 gelas air. Setelah dingin, air hasil penyaringan tersebut diminum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.
                Jika terserang anyang-anyangan alias sering buang air kecil sedikit-sedikit, menggunakan herba segar kumis kucing ditambah meniran dan akar alang-alang. Masing-masing cukup 30 gram lalu dicuci sampai bersih. Dipotong-potong seperlunya dan segera direbus menggunakan 3 gelas air. Setelah tinggal separonya, disaring dan diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Sehari 3 kali, masing-masing setengah gelas.
                Adapun ciri tanaman kumis kucing, antara lain berbentuk semak, batangnya basah dan tingginya bisa mencapai 1,5 meter. Mempunyai daun berbentuk telur taji dan tepi daunnya bergerigi kasar. Bagian bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih. Selain itu, daunnya mengandung kalium cukup tinggi. Ditambah lagi mengandung glikosida orthosiphonim yang berkhasiat melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh.

Komentar

Postingan Populer